post.author

Admin

Jumat, Desember 27, 2019

Hp Mati Sendiri, Mati hidup Sendiri DSB - Smartphone Android Mengalami Gangguan Baca ini

solusi android mati sendiri



Apakah anda tahu apa saja yang menjadi penyeba hp sering mati hidup atau yang lebih dikenal dengan sebutan bootloop? Bootloop merupakan sebuah kondisi dimana hp gagal melakukan booting. Hp yang mengalami bootlop biasanya akan mati dan kemudian hidup sendiri alias sering melakukan restart. Kondisi hp yang seperti ini tidak bisa anda biarkan karena malah akan semakin menyebabkan sistem pada hp anda akan semakin rusak.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui tentang bagaimana dan seperti apa penyeba hp sering mati hidup yang harus anda ketahui. Namun sebelum kami membahas lebih lengkap tentang penyebab hp bootloop tersebut, kami ingin menjelaskan kepada anda tentang apa saja pembagian dari keruskaan hp tersebut. Dengan begitu, anda bisa mengetahui apakah permasalahan pada hp anda termasuk permasalahan yang parah atau ringan karena memang metode penanganannya berbeda untuk masing-masing jenis dari kerusakan hp tersebut. Berikut beberapa jenis bootloop pada Hp:

1. Bootloop ringan

Jenis bootloop yang pertama adalah bootloop ringan. Kondisi ini akan ditandai ketika di awal anda menghidupkan ponsel anda, hp anda bisa menyala dengan lancar sampai masuk ke menu utama. Namun, ketika anda mengoperasikannya beberapa menit, maka kemudian tiba-tiba hp anda mengalami hang dan kemudian tiba-tiba akan melakukan restart. Untuk kerusakan seperti ini masih bersifat ringan. Biasanya, hp yang mengalami bootloop ringan akan langsung dilakukan flash. Bagi anda yang ingin melakukan flash dengan cara anda sendiri, maka anda harus mempelajari tentang cara flash Hp android dengan mudah tanpa harus melalui PC. Cara ini memang terbilang mudah, namun anda tidak boleh melakukannya jika anda tidak memiliki keahlian dan pengalaman di dalam melakukan flash hp.

2. Bootloop biasa

Untuk kondisi ini, biasanya hp anda bisa bootloop dengan lancar dan bahkan bisa sampai masuk ke menu utama. Namun, hp akan tiba- tiba mengalami hang dan gangguan yang lain sehingga tidak bisa dioperasikan. Untuk penanganannya juga masih terbilang mudah dan tidak jauh berbeda dengan penanganan hp yang mengalami bootloop ringan.

3. Bootloop parah

Untuk bootloop parah sudah tentu merupakan jenis kerusakan yang paling parah jika dibandingkan dengan dua jenis bootloop yang sebelumnya kami jelaskan. Kondisi ini ditandai pada saat anda ingin menghidupkan handphone anda namun hanya bisa memunculkan logo animasi dan tidak bisa masuk ke menu utama. Bahkan, terkadang hanya sampai logo animasi dan kemudian mati sendiri. Meskipun kerusakannya memang terbilang parah, namun anda masih tetap harus tenang karena sebenarnya kerusakan bootloop parah masih bisa dibetulkan atau diperbaiki.

Lalu apa sebenarnya penyebab hp sering mati hidup atau bootloop?


1. Salah melakukan flashing custom ROM

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa ketika melakukan flashing harus dilakukan oleh orang yang memang sudah berpengalaman. Meskipun metode flashing sebenarnya merupakan sebuah cara yang tidak terlalu sulit, namun jika anda salah dalam melakukannya maka bisa berakibat fatal. Memang, untuk metode ini anda hanya perlu menginstall ROM ke hp anda. Tujuannya agar performa hp anda menjadi meningkat serta mengoptimalkan kinerja dari sistem operasi yang digunakan. Namun, jika cara tersebut malah menyebabkan kegagalan dimana biasanya data lama masih belum terhapus, maka akan mengakibatkan data yang belum dihapus tersebut kemudian digunakan oleh data baru. Maka dari itu, akibat dari ini maka smartphone anda bisa mengalami mati hidup atau bootloop.

2. Modifikasi sistem

Modifikasi sistem juga bisa menjadi penyebab hp sering mati hidup yang jarang banyak orang tahu. Melakukan modifikasi sistem berarti anda harus melakukan root pada hp anda. Jika root yang anda lakukan tidak berhasil atau gagal, maka sistem anda bisa terganggu kinerjanya. Salah satu akibat dari kesalahan dan kegagalan di dalam melakukan modifikasi sistem adalah hp anda akan mengalami mati total. Selain itu, biasanya akibat dari kesalahan di dalam modifikasi sistem ini bisa menyebabkan hp anda mengalami restart dengan sendirinya. Maka dari itu, sebelum anda mulai melakukan root pada hp anda, maka pastikan anda sudah benar-benar menguasai tentang bagaimana cara root hp Android yang memang berhasil dan sudah banyak yang mempraktekkannya. Anda juga harus memastikan bahwa anda memiliki pengalaman di dalam melakukan root pada smartphone anda tersebut.

3. Salah di dalam melakukan pengaturan Permission

Permission merupakan sebuah hak akses yang dimiliki oleh sebuah aplikasi yang mana nantinya aplikasi tersebut mampu mengakses beragam informasi yang berasal dari hp anda. Di dalam hp android, banyak informasi yang bersifat pribadi seperti kontak, lokasi, maupun juga foto. Maka dari itu, sistem operasi android sangat berpengaruh terhadap fitur permission ini. Jika anda ternyata salah di dalam melakukan permission pada aplikasi, maka bisa berakibat hp anda mati dan nyala dengan sendirinya. Maka dari itu, ketika anda hendak melakukan pengaturan terhadap permission, pastikan bahwa anda paham betul tentang apa yang harus anda lakukan. Dengan begitu, smartphone kesayangan anda bisa terhindar dari mati hidup sendiri atau bootloop.

4. Overclock

Apakah anda tahu apa itu overclock? Jika mengacu pada definisi pada komputer atau laptop, overclock merupakan sebuah metode yang digunakann untuk mempercepat kinerja PC atau laptop. Dengan perkembangan hp yang semakin lama semakin maju, maka perangkat smartphone saat ini sudah bisa menerapkan fitur tersebut. Dengan kata lain, hp keluaran Samsung, Apple, Sony, dan merk-merk smartphone lainnya bisa menggunakan fitur overclock tersebut. Namun apa jadinya jika ternyata salah dan malah gagal di dalam melakukan overclock? Maka bisa mengakibatkan hp anda mati dan menyala dengan sendirinya.

5. Sering melepas baterai

Penyebab hp mati hidup dengan sendirinya juga bisa dikarenakan kebiasaan anda melepas baterai. Mungkin banyak yang belum menyadari jika baterai merupakan salah satu perangkat yang bisa berdampak pada terganggunya sistem operasi di smartphone anda. Jika anda sembarangan melepas dan memasang baterai atau bahkan menggantinya dengan baterai yang tidak ori, maka bisa menyebabkan hp anda mati dan menyala sendiri. Jika dirasa tutorial kurang pas dalam kebutuhan anda saya sarankan untuk menuju artikel ini yang sesuai kebutuhan anda Lihat Dan Baca Langsung Disini DEMIKIAN SEMOGA BERMANFA'AT.

Tidak ada komentar:
Write Comments

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sesuai Isi Konten Wapmild Yang Terkait.

Kontak Admin

  • Handphone : +62 89698098081
  • Email : saifmild@gmail.com
  • Facebook Mesenger : Wapmild mSg.