Apasih Kata Ibu Kota Soal Biaya Hidup! - KIW💠KIW
KIW KIW
GAZA LIVE
wb_sunny

Daily News

Apasih Kata Ibu Kota Soal Biaya Hidup!

Apasih Kata Ibu Kota Soal Biaya Hidup!

Apa Kata Ibu Kota Soal Biaya Hidup

Mari kita baca..

Tahun 2021, Jakarta masuk dalam daftar 25 kota termahal di dunia berdasarkan riset Julius Baer Global Wealth and Lifestyle Report 2021. Jakarta menempati posisi ke 20 sebagai kota termahal di dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, biaya hidup di Jakarta memang salah satu yang termahal.

Buat kamu yang berniat datang ke Ibu Kota, lakukan perhitungan mengenai perkiraan hidup sederhana di Jakarta.

Berapa Estimasi Biaya Hidup di Jakarta?

1. Tempat tinggal

Banyak perantau memilih untuk tinggal di kos-kosan dekat dengan kantor atau kampus. Harga kos-kosan di Jakarta pun bervariasi tergantung lokasi dan fasilitas. Masih ada indekos dengan harga 500 ribuan. Tapi, fasilitasnya seadanya dan lokasinya juga kurang strategis.

Estimasi biaya kost: Rp500.000 - Rp2.000.000 per bulan

2. Makan harian

Kalau kamu memilih beli makanan di warteg tentunya akan murah. Begitu juga dengan masak sendiri. Tapi, buat yang suka makan di restoran, siap-siap mengeluarkan kocek lebih dalam.

Estimasi makan di warteg sekali makan: Rp20.000

3. Transportasi

Besarnya uang transportasi tergantung pilihan moda transportasi yang dipilih. Transportasi umum di Jakarta sangat beragam mulai dari Transjakarta, bus, MRT, kereta, angkot, sampai ojek online. Kalau mau murah, pilih transportasi umum, ya.

Estimasi

- Transjakarta: Rp3.500 sekali jalan

- Kereta Commuter Line: Rp6.000 sekali jalan

- MRT: Rp3.000 - Rp14.000 sekali jalan

- Ojek online: Rp3.000/km

- Angkot: Rp4.000 sekali jalan

4. Kebutuhan pribadi harian

Kamu pasti butuh hal lain di luar 3 poin di atas seperti peralatan mandi dan cuci pribadi, laundry tambahan, hingga pulsa. Meskipun terlihat gak butuh banyak biaya, tapi kamu tetap harus mempersiapkannya.

Estimasi

- Peralatan mandi (sabun, pasta gigi, shampo, dll): Rp100.000

- Laundry: Rp8.000 per kilo

- Pulsa: Rp100.000

5. Hiburan

Hiburan di sini termasuk kegiatan jajan, nongkrong, sampai biaya langganan OTT. Kamu harus mengelola biaya hiburan ini supaya gak lebih besar dari biaya kebutuhan utama.

Estimasi

- Jajan kopi atau snack : Rp50.000 (sekali)

- Langganan OTT: Rp60.000 (Netflix)

- Nongkrong di kafe: Rp100.000 (sekali)

- Nonton bioskop: Rp50.000

Setidaknya, untuk bisa hidup nyaman dengan komponen pengeluaran di atas, kamu perlu menyiapkan uang sekitar 3 sampai 4 juta per bulan. Jadi kalau kamu bergaji 4 juta, itu sudah cukup untuk hidup di Jakarta dengan sederhana.

Bahkan, jumlah tersebut masih bisa kamu tekan lagi. Biaya hidup di Jakarta tergantung gaya hidup masing-masing individu. Sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang kamu punya, ya. Coba catat berapa pemasukan dan pengeluaran rutin yang kamu lakukan. Kalau mau metode mencatat yang praktis dan aman, kamu bisa manfaatkan fitur Neo Jurnal yang ada di dalam aplikasi neobank. Daftar sekarang di https://s.bankneo.co.id/zDzd00 

Anda Bisa langsung dapat bonus uang+saldo, jika pakai kode ini: 8Y6RJ2

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar