-->

ini Ketika Lembar Tagihan Tiba di Kencan Pertama

Ketika Lembar Tagihan Tiba di Kencan Pertama


Split bill sempat menjadi perdebatan hangat pada beberapa waktu yang lalu. Bagi yang belum tahu, split bill adalah memisahkan tagihan atau patungan saat bertemu.

Ini berarti setiap orang akan membayar tagihannya sesuai yang dipesan. Jadi saat kencan, tagihannya akan dibagi dua alias bayar masing-masing.

Ada yang berpendapat bahwa pihak cowok yang wajib membayar segala pengeluaran pada kencan pertama, di satu sisi ada juga yang berpendapat bahwa cewek saat ini sudah lebih mandiri, jadi gak ada masalah jika saat kencan pertama segala pengeluaran dibagi dua sama rata.

Sebenarnya, apa boleh split bill dilakukan saat kencan pertama? Memangnya seperti apa etika membayar saat kencan pertama itu? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Etika split bill

Dilansir Gentleman’s Journal, seharusnya sudah menjadi etika dan tanggung jawab dari cowok untuk membayar seluruh tagihan dan pengeluaran saat kencan pertama.

Karena jika tidak melakukan hal ini akan dianggap gak sopan dan bahkan gak tertarik dengan cewek yang diajak berkencan tersebut.

Kemudian dilansir mirror.co.uk, menurut dating expert terkenal di TikTok yaitu @asknelly, ia berpendapat bahwa cowok gak seharusnya minta split bill pada saat kencan pertama karena akan memberikan kesan ‘murahan’ dan ‘gak modal’.

Namun apapun pendapat itu, sebenarnya semua tergantung kesepakatan antara kedua pihak, apakah mau split bill atau tidak. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan untuk split bill.

1. Bicarakan dengan sopan dan santai

Karena urusan perduitan ini adalah urusan yang sensitif, jadi bicarakan semua dengan sopan dan santai.

Jangan ngegas, cari momen yang pas, lalu cobalah bertanya, “Eh, kamu keberatan nggak ya kalau ngedate kali ini kita split bill?”

2. Tanyakan masalah ini dengan jelas

Jangan takut untuk menanyakan ini pada doi, tanyakan baik-baik dan jelas kepadanya. Kamu bisa menanyakannya di saat awal mengajak pergi untuk memastikan apakah akan split bill, atau bisa juga ditanyakan di akhir setelah selesai makan dan jajan.

Namun ada aturan tak tertulis untuk para cowok, bahwa kalau kamu mengajak kencan duluan, apalagi kencan pertama, ya sebaiknya kamu yang bayar duluan. Bills on you!

Kecuali ada kasus khusus di mana si cewek yang justru menawarkan split bill duluan.

3. Tanggapi masalah split bill dengan biasa saja, gak perlu drama!

Bagi sebagian orang, mungkin split bill menjadi hal baru atau bahkan tabu. Ada yang menganggap bahwa namanya cowok ya harus bayar semuanya dong, kalau split bill berarti dia perhitungan dan pelit. Tapi ada juga yang menganggap hal ini wajar.

Jadi, gak perlu drama saat doi mengajak untuk split bill. Bagi cewek gak perlu tersinggung, bagi cowok juga gak perlu teriris egonya jika si cewek mengajak split bill. Tanggapi dengan biasa saja, gak perlu emosi.

4. Sebenarnya tidak ada salahnya untuk bayar masing-masing

Membayar tagihan dan pengeluaran masing-masing saat kencan sebenarnya tidak ada masalah bagi kedua belah pihak.

Tapi memang bagi laki-laki, mereka memiliki ego tersendiri dan ingin membayar seluruhnya saat kencan. Ada kebanggaan tersendiri jika mereka yang bayar.

Tapi jangan lupa keuangan pribadi masing-masing, ya. Gak perlu memaksakan diri untuk membayar segala tagihan di kencan pertama ketika kamu lagi bokek.

Sebenarnya split bill bukan hal yang tabu atau salah, dan bahkan sebenarnya win-win solution dan lebih adil bagi kedua pihak.

Tapi memang khususnya bagi para cowok, jika kamu ingin memberi kesan pertama yang oke saat kencan dengan doi, lebih baik jika kamu membayarkan sepenuhnya.

Semuanya tergantung kesepakatan kamu dan doi, ya. Jadi gimana, mau split bill apa nggak, nih?

LihatTutupKomentar

MAIN HP BISA DAPAT UANG!

Cara Tercepat Menghasilkan Uang di Snack Video!

Cara Tercepat Menghasilkan Uang di Snack Video Cara Menghasilkan Uang di Snack Video – Snack video merupakan sebuah aplikasi yan...