News: Jalur Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 | Di Daerah Kauman Pekalongan Mengajak Sholat Gerhana Matahari - Wapmild

Jumat, Desember 20, 2019

News: Jalur Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 | Di Daerah Kauman Pekalongan Mengajak Sholat Gerhana Matahari



fenomena Gerhana Matahari Cincin
ilov.eu.org - Simak dengan seksama tentang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait fenomena Gerhana Matahari Cincin yang akan berjadi pada 26 Desember mendatang.




Melalui jejaring akun media sosial Twitter resminya.BMKG menjelaskan Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga cahaya tersebut tidak semuanya sampai ke Bumi..




Cukuplah cahaya matahari aja yg terhalang jangan hubungan kita yg terhalang (Restu) ehehee... by wapmild



Fenomena yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan ini terjadi pada saat fase bulan baru," tulis akun BMKG di Twitter.



Menurut BMKG Gerhana Matahari maupun Gerhana Bulan, merupakan peristiwa yang dapat diprediksi dengan tingkat akurasi tinggi.



Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat berada satu garis dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. "Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya," ujar akun BMKG di Twitter.



Menurut BMKG beberapa wilayah yang akan terlewati jalur Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 mendatang ini di antaranya, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik.



Gerhana Matahari Cincin ini menurut BMKG dapat diamati di sebagian wilayah Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari sebagian.



Sementara itu sesuai dengan data yang dirilis LAPAN , sejumlah daerah di Indonesia yang akan dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 adalah Provinsi Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.



Berdasar perhitungan peneliti LAPAN, salah satu tempat terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 adalah di kampung Bunsur, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Sedangkan Gerhana Matahari Sebagian dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia, jika cuaca sedang cerah.



Di Jakarta, misalnya, gerhana diprediksi terlihat 72 persen. Adapun waktu terbaik untuk mengamati fenomena ini, atau saat fase puncak Gerhana Matahari Cincin tersebut adalah pada pukul 12.15 WIB sampai 12.19 WIB, 25 Desember 2019.



Sebelum masuk fase puncak, akan terjadi tahap Gerhana Matahari Sebagian yang dimulai pada pukul 10.22 WIB.



Sedangkan setelah fase puncak, juga akan muncul Gerhana Matahari sebagian yang berakhir pukul 14.13 WIB.





untuk daerah kauman pekalongan - jawa tengah warga mengajak umat muslim untuk sholat gerhana matahari perbesar logo ajakan ini

sholat gerhana matahari pekalongan

Comments

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sesuai Isi Konten Wapmild Yang Terkait.
EmoticonEmoticon