Teknik untuk Optimasi SEO Website - KIW💠KIW
KIW KIW
GAZA LIVE
wb_sunny

Daily News

Teknik untuk Optimasi SEO Website

Teknik untuk Optimasi SEO Website

seo saif mild

Hallo hi☺️ sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin mengulas atau membahas tentang Tag Meta yang paling sering digunakan dalam optimasi SEO. Tag Meta adalah salah satu bagian dari SEO onpage, dengan adanya update terus-menerus pada algoritma sebuah search engine, maka kita juga dituntut untuk mengikuti pola SEO sesuai dengan algoritma terbaru tersebut, hal ini bertujuan agar website kita tetap di nilai baik oleh search engine, sehingga mendapatkan peringkat yang kita harapkan.

Dari hasil penelusuran Saya, untuk sekarang ini Anda sudah tidak perlu otak-atik Tag Meta SEO terlalu dalam lagi, sebab saat ini robot search engine sudah sangatlah mandiri, terutama search engine Google. Google adalah search engine paling populer di seluruh penjuru dunia, oleh karena itu jika kita berbicara tentang SEO, Google yang akan menjadi acuan kita.

Google saat ini sudah banyak melakukan perbaikan pada algoritma-nya, hal ini membuat kita semakin mudah dalam optimasi SEO. Ini merupakan sebuah kabar gembira untuk kita yang sebelumnya sudah di pusingkan dengan masalah ini. Tag Meta biasanya ditempatkan pada bagian <head> </head> dari HTML dan terdiri dari beberapa atribut yang diantaranya yaitu charset, http-equiv dan name.

Untuk bisa menerapkan Tag Meta pada website, Anda harus mengerti tentang HTML dasar. Berikut ini adalah lokasi peletakan Tag Meta pada sebuah website, lihat script HTML dibawah ini:

<html>
<head> LOKASI TAG META </head>
<body> </body>
</html>

Cukup Jelaskan? untuk Anda yang sudah mengerti tentang HTML, ini adalah hal yang sangat mudah.

Anda sedang Baca: Teknik Dasar untuk Optimasi SEO Website Anda

Ogeeeh... Berikut ini Saya telah merangkum beberapa Tag Meta yang paling sering digunakan untuk optimasi SEO website pada umumnya. Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Tag Title ini sebenarnya memang bukanlah sebuah syntax Tag Meta, namun dalam optimasi SEO Tag Title ini sangatlah penting, karena isinya mendeskripsikan sebuah judul dari halaman website Anda, mesin pencarian atau search engine biasanya menggunakan Tag Title ini untuk mengetahui penekanan sebuah kata kunci yang menjadi target pada halaman website Anda, panjang karakter dari Tag Title adalah maksimal 70 karakter. Tag Title ini peletakannya berada pada bagian <head> </head> dari HTML seperti layaknya syntax Tag Meta. Berikut ini cara memasang Tag Title pada sebuah halaman website, lihat dibawah ini:

<title> Judul Halaman Website </title>

Tag Meta Description

Tag Meta Description berfungsi untuk mendeskripsikan sebuah kesimpulan dari isi halaman website Anda. Jika Tag Meta Description tidak dibuat, secara otomatis Google akan mengambil 140 karakter pertama dari isi konten yang Anda buat, karena hal inilah mengapa ada teori yang mengatakan bahwa memasukan keyword di paragraf awal itu sangatlah penting. Berikut ini cara memasang Tag Meta Description pada sebuah halaman website, lihat dibawah ini:

<meta name="description" content="Isi Meta Deskripsi">

Tag Meta Robot

Tag Meta Robot ini berfungsi untuk memberitahu kepada Google bahwa website Anda boleh di Crawl atau tidak, maksud dari Crawl disini adalah proses perayapan. Tag yang satu ini adalah Tag paling penting dari semua Tag Meta yang ada, sebab sangat berpengaruh terhadap visibilitas website Anda di sebuah mesin pencarian atau search engine. Setiap halaman website yang di Crawl oleh Google, sudah dipastikan akan muncul di halaman pencarian Google.

Jika Anda menginginkan halaman website Anda di Crawl, Anda bisa memasang Tag Meta Robot seperti dibawah ini:

<meta name="robots" content="index, follow">

Terkadang tidak semua halaman website harus di Crawl dan dimunculkan pada halaman pencarian Google. Untuk contoh misalnya halaman login administrator sebuah website, halaman login administrator merupakan halaman yang sangat sensitif, sebab hanya orang tertentu saja yang boleh mengakses. Jika halaman tersebut muncul di halaman pencarian Google, tentu Anda sudah memberi jalan kepada seorang Hacker atau Peretas untuk membobol website Anda. Nah, Jika Anda tidak mengizinkan proses Crawl terhadap sebuah halaman website, Anda bisa memasang Tag Meta Robot seperti dibawah ini:

<meta name="robots" content="noindex, nofollow">

Tag Meta Keywords

Tag Meta Keywords sebelumnya berfungsi untuk memaparkan beberapa kata kunci yang menjadi target pencarian dari sebuah halaman website. Berikut ini cara memasang Tag Meta Keywords pada sebuah halaman website, lihat dibawah ini:

<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, dst.">

Namun karena sering di manipulasi agar mempengaruhi hasil pencarian, sejak beberapa tahun lalu Tag Meta Keywords ini sudah tidak digunakan dan diabaikan oleh Google, sehingga sudah tidak berpengaruh terhadap SEO halaman website Anda.

Tag Meta Geo

Tag Meta Geo ini terdiri dari geo.position, geo.placename dan geo.region. Tag Meta ini berfungsi untuk memberitahu daerah asal dari sebuah webiste. Berikut ini cara memasang Tag Meta Geo pada sebuah halaman website, lihat dibawah ini:

<meta name="geo.position" content="latitude;longitude">
<meta name="geo.placename" content="Nama Tempat">
<meta name="geo.region" content="Nama Negara">

Tag Meta Language

Tag Meta ini berfungsi untuk memberitahu jenis bahasa yang digunakan pada sebuah website. Berikut ini cara memasang Tag Meta Language pada sebuah halaman website, lihat dibawah ini:

<meta name="language" content="id">

Namun dari penelusuran Saya, Tag Meta ini sudah tidak berpengaruh lagi karena Google saat ini sudah bisa mengenali bahasa dari website Anda.

Tag Meta Revisit-After

Tag Meta ini berfungsi untuk mengatur waktu Perayapan atau Crawl Google terhadap website Anda. Berikut ini cara memasang Tag Meta Revisit-After pada sebuah halaman website, lihat dibawah ini:

<meta name="revisit-after" content="Jumlah Hari">

Namun Tag Meta ini sudah diabaikan oleh Google, justru Tag Meta ini sudah tidak SEO Friendly dan kurang baik jika dipasang pada website Anda. Kenapa demikian? karena saat ini Google sudah bisa menentukan tingkat perayapan sebuah website secara mandiri.

Kesimpulan

Bila ditelusuri lebih dalam sebenarnya masih banyak Tag Meta yang dapat Anda gunakan untuk di setup ke dalam website Anda, namun dari beberapa Tag Meta di atas ataupun lainnya (yang belum saya jelaskan), Tag Meta yang paling mempengaruhi optimasi SEO pada website saat ini adalah Tag Title, Tag Meta Description dan Tag Meta Robot. Selebihnya Google sudah melakukan optimasi sendiri sehingga tidak lagi memerlukan inputan dari Tag Meta pada website Anda.

Demikian pembahasan tentang bagaimana Belajar TAG META untuk Optimasi SEO, semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca. Sampai jumpa di tulisan Saif Mild berikutnya. Terima Kasih

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar