SAIF MILD
Live
wb_sunny

Breaking News

ini Caranya Indonesia Jadi Negara Maju dan Keluar dari Middle Income

ini Caranya Indonesia Jadi Negara Maju dan Keluar dari Middle Income

Indonesia maju
www.ilov.eu.org


Cara Indonesia Jadi Negara Maju dan Keluar dari Middle Income

Jokowidodo

www.ilov.eu.org

Sejak tahun 1996, Indonesia berstatus lower middle income country atau negara dengan penghasilan menengah ke bawah. Namun pada bulan Juli 2020, Indonesia sudah naik kelas.

Bank Dunia menobatkan Indonesia menjadiupper middle income country atau negara dengan penghasilan menengah. Artinya, pendapatan negara meningkat dan peluang untuk jadi negara maju makin dekat.

Tapi, status upper middle income tersebut hanya bisa disandang Indonesia selama satu tahun. Pada bulan Juli 2021, Bank Dunia menurunkan status Indonesia menjadi lower middle income country lagi.

Tentunya, Indonesia nggak mau terus terkena middle income trap. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan strategi supaya Indonesia bisa keluar dari jebakan tersebut lewat beberapa cara yaitu:

1. Pembangunan sumber daya manusia

Kualitas sumber daya manusia Indonesia ditingkatkan melalui pendidikan dan pendalaman skill.

Sehingga kapasitas intelektual setiap individu bisa berkembang. Dari situ, mereka bisa bekerja dan bersaing secara global sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu, mereka juga harus sehat secara jiwa dan raga. Apalagi saat ini dunia masih dibayang-banyangi pandemi. Kesehatan menjadi hal penting.

Sama pentingnya dengan pendidikan. Dimana saat ini, pendidikan cukup mengandalkan teknologi. Makanya, perlu adanya reformasi dalam hal kesehatan serta pendidikan untuk dapat menghasilkan SDM berkualitas.

2. Jaring pengaman sosial

Menurut Menkeu, jaring pengaman sosial merupakan keadaan dimana masyarakat sosial bisa dijaga untuk maju bersama secara adil dan kompetitif.

Negara harus dapat memastikan nggak ada warganya yang tertinggal. Saat ini, pemerintah sedang berusaha memberi bantuan namun tanpa membuat masyarakat merasa berhak.

3. Transformasi ekonomi

Transformasi ekonomi yang dilakukan pemerintah di antaranya penguatan ekonomi melalui UMKM, perubahan dari sektor manufaktur, pemanfaatan teknologi dalam global supply chain, peningkatan produktivitas sektor agrikultur, dan transformasi jasa supaya bisa memberikan nilai tambah serta membuka lapangan pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik.

Di samping itu, Indonesia juga mencoba bertransformasi menuju ekonomi digital.

4. Institusi

Menkeu juga menjelaskan kalau salah satu cara untuk terlepas dari middle income trapadalah adanya institusi yang baik. Negara membangun institusi yang dapat memberikan pelayanan maksimal dan bebas korupsi.

Indonesia masih harus memperbaiki banyak program transformasi dan birokrasi agar dapat menciptakan institusi yang agile, efisien, dan punya sistem yang bagus.

5. Infrastruktur

Infrastruktur nggak cuma ada, tapi juga berkualitas dan tepat sasaran. Pembangunan infrastruktur pun nggak bisa hanya mengandalkan anggaran negara.

Keterbatasan sumber daya membuat pemerintah juga harus bekerja sama dengan pihak swasta supaya bisa menghadirkan infrastruktur yang diinginkan.

Dengan meningkatkan semua aspek di atas, Indonesia diharapkan bisa keluar dari middle income trap. Terlebih, bonus demografi dipercaya bisa membantu Indonesia untuk dapat tumbuh dan lepas dari bayang-bayang jebakan tersebut.

Tingginya kelompok anak usia muda membuat Indonesia bisa lebih menyiapkan diri untuk menuju ekonomi digital.🤳

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sesuai Isi Konten Saifmild Yang Terkait.