✍️PEN 🅰️KU
Live
wb_sunny

Breaking News

Kenapa Bencana itu Banyaknya Terjadi Saat Akhir Tahun?

Kenapa Bencana itu Banyaknya Terjadi Saat Akhir Tahun?

Pada akhir November lalu, gempa di Cianjur telah memakan ratusan korban jiwa. Setelahnya, ada Gunung Semeru erupsi. Ribuan orang harus mengungsi. Lalu, hujan disertai angin kencang pun melanda ini beberapa wilayah di Indonesia.
Jika dicocokkan dengan tahun-tahun sebelumnya, akhir tahun memang cukup banyak rentetan bencana besar yang terus menimpa Indonesia. Sebut saja erupsi Gunung Merapi pada 5 November 2010 hingga tsunami Aceh tanggal 26 Desember 2004. Hal ini membuat masyarakat bertanya-tanya, mengapa bencana besar sering terjadi di akhir tahun?

 Mengapa Bencana Banyak Terjadi Saat Akhir Tahun?

Sebenarnya, bencana alam bisa terjadi kapan saja. Namun, sudah ribuan bencana yang sudah terjadi menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selengkapnya, simak catatan bencana berdasarkan bulan dari tahun 2018-2022 berikut ini:

Jika melihat data bencana di atas, selama 5 tahun ini, bencana memang banyak terjadi saat akhir dan awal tahun. Sementara di tengah tahun bencana alam cenderung lebih rendah. Bencana seperti puting beliung, banjir, dan tanah longsor paling banyak terjadi selama 5 tahun terakhir. Kenapa, ya?

Penjelasan BMKG

Biasanya pada akhir tahun, terjadi peningkatan curah hujan dan angin kencang. Hal ini dikarenakan ada dinamika atmosfer yang meningkatkan awan hujan dan peningkatan kecepatan angin.

Selain itu, dinamika atmosfer juga menyebabkan gelombang tinggi di perairan Indonesia. Itulah yang menyebabkan akhir tahun Indonesia sering dilanda tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung sangat mungkin terjadi.

Namun, secara umum, jika berkaitan dengan gempa bumi atau gunung meletus, BMKG enggak punya penjelasan secara pasti mengapa akhir dan awal tahun bencana sering terjadi di Indonesia. Seperti dilansir dari Tempo.co, BMKG mengatakan enggak ada yang tahu pasti kapan bencana akan terjadi. Apalagi Indonesia termasuk kawasan rawan bencana.

Potensi terjadi bencana akan lebih sering. Waktunya kapan tak bisa diprediksi. Semoga kita semua bisa terhindar dari bencana, amin yra.🙏

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sesuai Isi Konten Saifmild Yang Terkait.