✍️PEN 🅰️KU
Live
wb_sunny

Breaking News

Mau Cuan Maksimal? Siapkan Revolusi Finansial 2023

Mau Cuan Maksimal? Siapkan Revolusi Finansial 2023


Tidak terasa kita sudah tiba di penghujung tahun 2022. Tahun ini, bisa dikatakan dunia sudah membaik. Pandemi sudah sedikit teratasi. Walaupun belum hilang total. Namun, setidaknya kita sudah bisa hidup lebih normal ketimbang tahun lalu.

Resolusi memang selalu jadi topik menarik saat akhir tahun. Hampir semua orang berlomba-lomba menyusun resolusi. Niatnya, ingin jadi lebih baik. Meskipun hasilnya akan kembali pada usaha masing-masing individu.

Akan ada banyak tantangan di tahun depan. Harga bahan pokok naik, ancaman resesi global, memasuki masa pemilu, dan lain sebagainya. Maka dari itu, jika tahun ini keuangan kamu kurang baik, kamu tidak hanya butuh resolusi tapi juga revolusi keuangan. Bagaimana caranya?


Tahun Ini Belum Cuan Maksimal? Siapkan Revolusi Finansial 2023

1. Kurangi utang

Utang menjadi beban yang cukup berat bagi keuangan tiap bulan. Cukup banyak uang yang dialokasikan untuk bayar pokok dan bunga. Idealnya, porsi utang tidak boleh lebih 30% dari penghasilan.

Namun, kenyataannya, hal tersebut sulit dilakukan di tengah kemudahan memperoleh utang lewat PayLater atau pinjaman online. Akhirnya, banyak orang yang terlilit utang melebihi kemampuan. Kurangi jumlah utang supaya lebih tenang dan mengurangi beban keuangan.

2. Sesuaikan anggaran pada beberapa pos pengeluaran

Kenaikan harga bahan pokok dan inflasi tidak bisa dihindari. Meskipun UMP atau Upah Minimum Provinsi mengalami kenaikan, tetapi tidak semua perusahaan menaikkan upah sesuai peraturan. Artinya, penghasilan berada di angka yang sama. Sementara pengeluaran akan bertambah.


Tahun Ini Belum Cuan Maksimal? Siapkan Revolusi Finansial 2023

Kamu harus melakukan penyesuaian beberapa pos pengeluaran. Misalnya dengan mengurangi budget hiburan atau nongkrong. Alihkan untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok. Dengan begitu, cash flow pun jadi seimbang.

3. Tetapkan tujuan yang realitis

Bermimpi tinggi boleh saja. Namun, kamu juga harus realistis dalam menetapkan tujuan dan keinginan. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan. Supaya lebih mudah terwujud. Jangan memasang target terlalu tinggi jika keadaan kamu masih sulit.

Kamu ingin membeli rumah. Sementara uang kamu habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Realistisnya, kamu bisa menetapkan target untuk mengumpulkan modal usaha terlebih dulu. Setelah hal itu terwujud, kamu bisa mewujudkan mimpi yang lebih besar lagi.

4. Tambah tabungan

Buat kamu yang sudah menabung, saatnya tambah sumber uangmu dengan berinvestasi. Tentunya jika ada uang lebih. Inflasi tidak hanya datang tahun depan. Namun, inflasi sudah menjadi rutinitas tiap tahun. Maka, uang yang kamu anggap cukup besar sekarang. Nilainya akan berkurang di masa depan.

Dengan menyimpan uang di investasi, nilai uang kamu bisa tetap tahan menghadapi inflasi. Karena nilai investasi akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

Selain 4 poin di atas, jangan lupa untuk tetap konsisten untuk memperbaiki keadaan. Biasanya resolusi hanya diucapkan di awal tahun. Namun, tidak sepenuhnya dijalankan. Akhirnya, resolusi cuma sekadar kata atau tulisan. Makanya, kamu tidak hanya butuh resolusi tapi juga revolusi keuangan yang nyata.💓

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sesuai Isi Konten Saifmild Yang Terkait.