✍️PEN 🅰️KU
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Menghindari Penipuan Lowongan PeKerjaan

Tips Menghindari Penipuan Lowongan PeKerjaan

Loker penipuan


4 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Lowongan kerja

www.ilov.eu.org

Indonesia sedang dalam tahap pemulihan ekonomi. Walaupun saat ini banyak terjadi PHK. Namun, masih ada lowongan pekerjaan masih terbuka. Bahkan bisa dikatakan meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu.

Banyaknya orang yang kehilangan dan mencari pekerjaan baru ini memunculkan penipuan pekerjaan. Sebenarnya praktik penipuan lowongan pekerjaan sudah lama terjadi. Akan tetapi, hingga sekarang masih ada saja orang yang menjadi korban.

Untuk menghindari penipuan tersebut, perhatikan tips terhindar dari lowongan kerja palsu dari JobStreet.

1. Jangan percaya jika pekerjaannya terlihat terlalu bagus

Dibayar dengan gaji besar untuk melakukan tugas-tugas ringan adalah skenario impian bagi siapa pun. Namun, beberapa 'tawaran pekerjaan' ini bisa jadi pintu penipuan.

Orang yang menjadi korban penipuan biasanya tertarik dengan janji honor tinggi dan pekerjaan mudah, yang merupakan kombinasi ideal bagi mereka yang mencari pekerjaan paruh waktu atau mereka yang memiliki pengalaman bekerja minim.

2. Perekrut meminta uang dari kamu

Oknum lowongan pekerjaan palsu dapat mengambil jumlah uang yang banyak dari para pencari kerja. Mereka meyakinkan korban untuk mengeluarkan uang sebagai bagian dari pekerjaan, dengan janji mendapatkan jumlah yang lebih besar di kemudian hari. Hal meminta uang adalah salah satu tanda bahaya terbesar saat melihat iklan pekerjaan atau tawaran pekerjaan.

3. Periksa kredibilitas perusahaan

Ketika kamu menemukan iklan lowongan pekerjaan, pastikan kredibilitas alamat dan nomor kontak perusahaan tersebut. Coba untuk mencari alamat resmi perusahaan, dan jika alamat yang kamu temukan berbeda dengan alamat yang tercantum, itu bisa menjadi salah satu contoh iklan lowongan pekerjaan palsu.

Biasanya, ketika perusahaan memberikan informasi panggilan wawancara, mereka mengirimkannya melalui email resmi perusahaan. Pastikan kamu mengirimkan CV atau menerima panggilan wawancara dari alamat email yang resmi seperti ini:

- Resmi: NamaPenerima@NamaPerusahaan.com

- Fiktif: Nama.Perusahaan@nyamail.com atau NamaHRD@nyamail.com

4. Tidak memberikan dokumen pribadi sembarangan

Data-data pribadi yang sering diminta oleh lowongan pekerjaan palsu adalah foto KTP, SIM, kartu keluarga, fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan NPWP. Biasanya mereka meminta data-data tersebut secara detail.

Padahal, sebenarnya dokumen-dokumen tersebut belum dibutuhkan ketika kamu masih di tahap awal melamar kerja. Hati-hati saat kamu memberikan data-data pribadi tersebut, setidaknya sampai kamu sudah menandatangani kontrak kerja.

Nah, meskipun kamu sedang butuh pekerjaan, tapi kamu juga nggak boleh lengah. Jangan sampai kamu merugi. Pekerjaan nggak dapat. Malah rugi waktu, tenaga, dan uang. Huft!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sesuai Isi Konten Saifmild Yang Terkait.