✍️PEN 🅰️KU
Live
wb_sunny

Breaking News

Keahlian Yang Penting di Dunia Kerja, Gak Diajarin di Sekolah!

Keahlian Yang Penting di Dunia Kerja, Gak Diajarin di Sekolah!



Mungkin kita semua pernah pintar ketika di bangku sekolah hingga kuliah. Hidup sepertinya terasa mudah. Namun memasuki dunia kerja, semuanya berubah.

Dalam dunia kerja, kamu tidak hanya mengandalkan kecerdasan teori dan pelajaran, namun lebih ke praktik dan penerapannya. Kamu juga dituntut untuk lebih kuat dan cerdas.

Ada beberapa keahlian penting yang perlu kamu kuasai di dunia kerja, tapi sayangnya tidak diajarkan di masa sekolah dan kuliah dulu. Apa saja?

1. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Ketika di bangku kuliah, pastinya kamu biasa dengan namanya presentasi untuk tugas atau ujian. Namun kesalahan yang kerap ditemukan ketika presentasi saat kuliah adalah isi slide dan yang dijelaskan terlalu banyak dan tidak pada intinya. Ibarat membacakan lagi makalah dan tugasmu.

Di dunia kerja, karena waktu sangat berharga, dalam berkomunikasi kamu harus bisa menyampaikan informasi pada orang lain dengan efektif dan efisien, baik verbal maupun nonverbal agar mudah dipahami.

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting di posisi apapun kamu bekerja, tidak hanya penting bagi Public Relation dan Sales saja.

2. Punya mental kuad dan tahan banting

Bahasa kerennya adalah resiliensiKemampuan ini akan membuatmu bisa mengatasi berbagai macam masalah dan rintangan, dengan cara apapun. Selain itu, juga bisa membuatmu mudah bangkit dari kegagalan. Tidak pantang menyerah!

Dalam dunia profesional seperti dunia kerja yang kompetitif seperti saat ini, kamu harus kuat mental jika berhadapan dengan tuntutan kerja yang besar hingga cobaan seperti memiliki rekan kerja yang tidak kooperatif dan bikin kesal

.

3. Mampu mengelola stres

Sebesar apapun gajimu, semewah apapun kantormu, sesukses apapun bisnismu, semua orang pasti pernah merasa stres ketika bekerja. Entah karena beban kerja, bos dan atasannya, klien, hingga masalah di rumah.

Dalan dunia kerja, kamu harus mampu mengelola stres dengan bijak. Karena jika tidak, bisa membuatmu kehilangan semangat kerja bahkan hingga burnout.

Untuk itu, kamu perlu menguasai dan mengelola stres dengan baik agar kamu punya kualitas hidup yang baik juga, baik di tempat kerja maupun kehidupan sehari-hari.

4. Mampu menghadapi konflik

Kalau dulu di zaman sekolah dan kuliah, ada guru BK atau dosen yang bisa menengahi dan membelamu. Tapi di dunia kerja, kamu harus bisa sendiri untuk mengatasi konflik, tidak bisa menghindarinya.

Mari hadapi dan selesaikan konflik yang terjadi. Kalau kamu mampu menguasainya dengan baik, kamu jadi tahu bagaimana harus bersikap saat menghadapi konflik, termasuk cara mengatasi perbedaan dan menemukan kesamaan agar setiap orang bisa bekerja sama secara damai dan baik.

5. Mengelola keuangan

Tak bisa dimungkiri salah satu tujuan utama dalam bekerja adalah mencari uang. Ya, kan? Entah itu untuk memenuhi kebutuhan hidup hingga gaya hidup. Bekerja jadi salah satu pendorong utama seseorang rela bekerja keras mati-matian.

Nah, biar duit hasil jerih payahmu tidak hilang dan ambyar begitu saja padahal nyarinya susah, kamu harus bisa mengelolanya dengan baik. Salah satu caranya dengan belajar financial planning.

Kini sudah banyak sumber belajar mengelola keuangan di internet dan media sosial, mulai dari cara menabung yang baik, mengumpulkan dana darurat hingga cara investasi yang baik dan menguntungkan, serta cara terhindar dari investasi bodong.

Semua bisa dipelajari secara gratis, asal kamu niat dan mau berusaha. Salah satunya seperti yang kamu lakukan sekarang ini, dengan baca-baca artikel di Neo Daily dan Neo Wealth yang ada di aplikasi neobank.

Sudah tahu kan beberapa keahlian penting yang perlu kamu kuasai ketika dewasa dan masuk di dunia kerja? Tentu selain yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak kemampuan lain yang perlu dipelajari agar bisa hidup dengan baik.

Tetap belajar dan bertumbuh, karena dunia terus berputar dan perubahan tak bisa terhindarkan. Selamat belajar..☺️

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sesuai Isi Konten Saifmild Yang Terkait.