agar keluhan telinga tersumbat bisa diredakan dan komplikasi telinga bisa dicegah - KIW💠KIW
Gaza War!
Live
wb_sunny

Daily News

agar keluhan telinga tersumbat bisa diredakan dan komplikasi telinga bisa dicegah

agar keluhan telinga tersumbat bisa diredakan dan komplikasi telinga bisa dicegah

 Begini Cara Cari tahu untuk mengatasi telinga tersumbat melalui penjelasan berikut.

Catat, 8 Cara Mudah untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

Telinga adalah bagian tubuh yang sangat sensitif. Telinga dapat tersumbat oleh kotoran yang menumpuk, benda asing di organ pendengaran, tekanan udara di dataran tinggi, hingga tersumbatnya tuba eustachius, yaitu saluran yang menghubungkan telinga tengah dan tenggorokan. 

Jika kamu berpikir menggunakan cotton bud adalah cara yang tepat untuk mengatasi telinga tersumbat, kamu salah. Alih-alih mengeluarkan kotoran, penggunaan cotton bud justru dapat membuat kotoran makin masuk ke dalam. 

Jika kamu butuh penanganan mengenai permasalahan telinga, kamu bisa konsultasikan dengan dokter spesialis THT, ya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi telinga tersumbat

1. Membersihkan Telinga dengan Minyak

Cara membersihkan telinga tersumbat bisa menggunakan minyak esensial, seperti minyak zaitun, kayu putih, peppermint,ataupun baby oil. Diduga, minyak esensial bisa berperan sebagai antibiotik, antiseptik, dan antiperadangan.

Cara menggunakan minyak esensial, yaitu hangatkan 2-3 sendok makan minyak. Periksa panas minyak terlebih dahulu pakai tangan atau pergelangan tangan. Pastikan suhunya aman, tidak mengiritasi kulit, maupun bagian dalam telinga.

Setelah suhu minyak dirasa cukup aman untuk digunakan, ambil pipet lalu teteskan minyak ke telinga. Miringkan kepala selama 10 hingga 15 detik. Lakukan ini beberapa kali setiap hari hingga lima hari sampai telinga yang tersumbat terasa lebih baik.

2. Gunakan Hidrogen Peroksida atau Karbamid Peroksida Otic

Hidrogen peroksida atau karbamid peroksida otic dapat digunakan sebagai obat telinga tersumbat.

Campurkan jenis peroksida tersebut dengan air hangat dalam mangkuk terlebih dahulu. Kemudian, gunakan peroksida untuk mengatasi telinga tersumbat seperti menggunakan minyak esensial. 

3. Berkumur Air Garam

Untuk dapat mengeluarkan kotoran telinga tanpa dikorek kamu dapat mencobanya dengan berkumur air garam. Cara mengobati telinga tersumbat ini dapat membantu mengurangi lendir di hidung dan telinga.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan sedikit garam ke dalam air. Kemudian, berkumurlah dengan air garam selama beberapa detik lalu ludahkan.

4. Metode Manuver Valsava

Metode Manuver Valsava

Manuver Valsava adalah metode untuk membantu membuka tuba eustachius yang tersumbat. Cara menghilangkan telinga tersumbat ini dilakukan dengan menutup hidung dan mengeluarkan napas melalui hidung.

Untuk melakukannya, tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Lalu, apit hidung dengan dua jari. Kemudian, embuskan napas melalui hidung dengan lembut. 

Teknik ini dapat menciptakan tekanan yang cukup guna membuka sumbatan telinga. Namun, agar tidak merusak gendang telinga, jangan embuskan udara udara terlalu keras. 

Manuver Valsava hanya bermanfaat membantu mengatasi telinga tersumbat akibat perubahan tekanan udara. Teknik ini tidak bisa mengatasi telinga tersumbat akibat cairan berlebih dalam organ pendengaran.

5. Metode Uap

Terapi uap juga bermanfaat untuk membantu telinga yang tersumbat. Cara ini bisa dilakukan dengan meletakkan waslap hangat di telinga serta mandi atau berendam menggunakan air panas. Lakukan terapi uap selama 10 hingga 15 menit. 

Uap dari air panas dapat membantu mencairkan lendir di telinga. 

6. Obat Oral untuk Telinga Tersumbat

Cara menyembuhkan telinga tersumbat bisa menggunakan obat yang dibeli di apotek. Obat hanya digunakan untuk mengatasi telinga tersumbat akibat sinusitispilek, atau alergi

Pengobatan yang digunakan bisa pakai obat flu atau sinus yang mengandung dekongestan. Kamu juga bisa minum antihistamin untuk mengatasi masalah telinga tersumbat. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker serta ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan obat, ya!

7. Obat Tetes Telinga

Obat Tetes Telinga

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, cara lain untuk mengatasi telinga tersumbat sebelah atau keduanya adalah dengan menggunakan obat tetes telinga. Obat tetes telinga dapat membersihkan kotoran telinga dan mencegah terjadinya infeksi telinga.

Kamu dapat membeli obat tetes telinga di apotek tanpa resep dokter. Gunakan tetes telinga sesuai anjuran yang tertera pada label kemasan. Pakailah obat hingga keluhan telinga tersumbat berkurang.

Salah satu obat tetes telinga yang dijual bebas dan tersedia di apotek adalah Debrox. Debrox dapat membantu menghilangkan penumpukan kotoran telinga berlebih.

“Kalau memang telinga tersumbat disebabkan penumpukan kotoran di telinga, bisa diberikan tetes telinga pelunak kotoran telinga, contohnya karbamid peroksida,” kata dr. Devia. 

“Kalau ada infeksi di telinga, bisa diberikan tetes telinga yang mengandung antibiotik dan antijamur. Obat tetes telinga bisa tergantung dari penyebabnya,” dia menambahkan.

8. Gunakan Jari untuk Membersihkan Telinga

Jika kamu merasa telinga tertutup sebelah kanan atau sebaliknya, hal ini bisa disebabkan adanya penumpukan cairan di saluran telinga. Penumpukan cairan di telinga dapat terjadi akibat influenza maupun sinusitis. 

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat memasukkan jari telunjuk ke telinga yang sakit. Lakukan pijatan lembut ke telinga yang tersumbat dengan gerakkan jari ke atas dan ke bawah. Teknik ini membantu menghilangkan cairan yang terperangkap. Pastikan kamu telah mencuci tangan sebelumnya, ya!

Kamu juga bisa menggunakan pengering rambut dengan panas rendah yang diletakkan beberapa sentimeter dari telinga. Cara ini bisa membantu mengeringkan cairan di telinga.

Jika kamu sudah melalukan berbagai cara di atas, tapi telinga kamu masih tersumbat, kamu perlu bantuan dokter spesialis THT untuk mengatasinya. 

Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis THT kami lewat fitur Tanya Dokter dan cari dokter spesialis THT dekat dengan kamu dengan aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaKeSehatmu dengan berkonsultasi agar keluhan telinga tersumbat bisa diredakan dan komplikasi telinga bisa dicegah! Demikian semoga bermanfaat iya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar